RSS

Pertumbuhan Perbankan Syariah Semakin Baik

12 May

BOGOR, (PRLM).- Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia yang semakin baik menyebabkan perpindahan tenaga kerja dari satu bank syariah ke bank syariah yang lainnya begitu cepat. Dikhawatirkan, hal ini akan menyebabkan persaingan yang tidak sehat di antara perbankan syariah.

Demikian diungkapkan Direktur Bank Syariah Mandiri, Hana Wijaya seusai penandatanganan kesepakatan bersama antara Bank Mandiri Syariah dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia Sentul tentang Early Recruitment Program, Ahad (8/5).

Dikatakan Hana, saat ini pertumbuhan perbankan syariah telah mencapai 30 persen. Dengan kondisi sebaik ini, setiap perbankan syariah selalu mencari tenaga kerja terbaik. Hanya saja, tidak banyak tenaga kerja yang bisa memenuhi kebutuhan perbankan syariah sehingga perpindahan tenaga kerja dari satu perbankan syariah ke perbankan syariah lainnya. “Pertumbuhan perbankan syariah yang semakin membaik menyebabkan perpindahan tenaga kerja yang sangat ketat. Hari ini mungkin dia di bank kita, besok pagi sudah direkrut oleh bank lain,” kata Hana.

Investor yang tidak mau bersusah payah pun akhirnya merekrut tenaga ketja yang telah berpengalaman.
Untuk memenuhi pertumbuhan perbankan sebesar lima persen hingga lima tahun ke depan, setidaknya dibutuhkan hingga 25 ribu tenaga kerja yang berpengalaman di bidang perbankan, terutama perbankan syariah. Pihaknya sendiri khusus untuk tahun ini membutuhkan antara 2.800 hingga 3.000 tenaga kerja perbankan syariah. “Saat ini kantor cabang kami sudah mencapai 520, hingga akhir tahun target kita mencapai 570 cabang berupa outlet ataupun kantor kas,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Hana, dengan kondisi yang semakin ketat ini maka diperlukan aturan bagi proses perpindahan tenaga kerja ini agar tidak membuat industri lain (perbankan) merugi karena kehilangan tenaga kerja terbaiknya. Selain itu, dia juga mendorong agar lembaga pendidikan semakin memperbaiki lulusannya, terutama perbankan syariah sehingga mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja perbankan. Selain itu, pihaknya juga tengah giat menyasar sejumlah kampus untuk pembinaan serta penjaringan lulusan terbaik untuk menjadi bagian dari Bank Syariah Mandiri, salah satunya dengan early recruitment program.

Sementara itu, Ketua STEI Tazkia Muhammad Syafii Antonio mengatakan tidak ada target atau kuota dalam jumlah tertentu lulusan STEI Tazkia yang akan diterima oleh BSM. Setidaknya, dalam setahun akan ada sekitar 100 hingga 250 lulusan STEI Tazkia yang akan berkompetisi untuk mendapatkan kursi di BSM. (A-155/A-147)

Source: http://www.pikiran-rakyat.com

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: