RSS

Transaksi Gadai di Bank Syariah

22 May

Tanya :

Mas, mau tanya dong. Sebetulnya transaksi gadai di bank syariah itu seperti apa sih?
Setahu saya sih gadai itu kan berhutang, tapi kok sering ditawari investasi emas dengan cara gadai. Maksudnya bagaimana sih? Bisa tolong dijelaskan. Terima kasih.

Jawab :

Betul sekali. Yang dimaksud dengan gadai emas atau rahn di bank syariah adalah meminjam uang di bank syariah dengan menjaminankan emas. Dengan menjaminkan emas di bank syariah, nasabah bisa mendapatkan pinjaman atau pembiayaan kira-kira senilai 80% dari harga emas.

Misalnya saya memiliki 100gr emas yang saat ini harganya adalah 40juta. Jika saya gadaikan emas tersebut di bank, maka bank bisa meminjamkan dana sejumlah 32juta. Punya emas 40jt bisa dapat pinjaman 32juta, selisihnya adalah 8jt.

Nah, bagaimana kalau logika di atas kita balik. Saya punya uang 8jt, bank bisa memberikan pinjaman 32jt jika saya membeli emas 40jt. Dengan asumsi harga emas yang naik terus dalam jangka panjang, kita bisa investasi dengan cara beli emas 40jt dengan modal 8juta saja. Saat harga emas sudah naik, misalnya menjadi 42juta. Emas tersebut dijual, bayar hutang ke bank 32juta (plus biaya titip emas). Maka dari modal 8jt, sekarang kita punya uang 10jt (42jt – 32jt).

Tapi bagaimana beli emasnya sedangkan kita belum punya emasnya dan hanya ada uang 8jt? Dan bagaimana menjual emasnya kalau sedang digadaikan ke bank?

Nah, pada prakteknya bank bisa kerjasama dengan toko emas. Sehingga nasabah beli ke toko emas dengan membayar tunai 8jt saja, emasnya diserahkan langsung ke bank lalu digadaikan di bank. Uang hasil gadai emas 32jt diserahkan ke toko emas sehingga emasnya sudah lunas dari toko dan tergadai di bank.

Saat menjual pun sama. Jika sudah ada kerjasama dengan toko emas, bank bisa menjual emas nasabah ke toko emas, tentunya dengan kuasa dari nasabah. Hasil penjualan emasnya digunakan untuk membayar hutang ke bank, sisanya menjadi hak nasabah.

Begitulah gambaran mekanisme investasi emas dengan memanfaatkan transaksi gadai di bank syariah. Ingat, transaksi gadai emas hanya ada di perbankan syariah, tidak ada di bank konvensional.

[www.ib.eramuslim.com]

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2011 in Tanya Jawab

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: